Umroh

BEBERAPA TEMPAT MIQAT UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH UMROH

Sebelum masuk ke Masjidil Haram untuk melakukan ibadah umroh, jamaah terlebih dahulu melaksanakan miqat, atau memakai kain ihram dan membaca niat di beberapa tempat dan batas-batas tertentu yang telah ditetapkan. Langsung saja simak beberapa tempat yang menjadi tempat miqat  jamaah umroh baik dari Indonesia maupun mancanegara,

  1. Masjid Bir’Ali

Bir yang berarti sumur dan Ali merupakan nama sahabat Nabi, mengapa nama masjid ini dinisbatkan kepada sahabat Ali Bin Abi Thalib karena dahulu beliau menggali banyak sumur untuk keperluan air disini.  Menurut catatan sejarah, Masjid Bir Ali kerap dijadikan Rasulullah SAW sebagai tempat melaksanakan miqat dan berihram.

Atas landasan diatas para jamaah umroh Indonesia maupun mancanegara yang  melakukan perjalanan dari Jeddah ke Madinah dan Madinah ke Mekah, mereka meng-ihram-kan diri di Masjid Bir A’li ini.

  1. Masjid Tan’im (Masjid Aisyah)

Disebut juga masjid Aisyah karena pada zaman dahulu Siti Aisyah istri Rasulullah SAW melakukan miqat dimasjid ini.

Lokasi Masjid Tan’im sekitar 6,5 KM disebelah utara dari Masjidil Haram letaknya ada dijalan Madinah Al Munawarah, tempat ini juga menjadi salah satu favorit miqat jamaah  umroh Indonesia dan dari berbagai belahan dunia.

Selain lokasinya yang dekat dengan Masjidil Haram, Masjid Tan’im termasuk masjid yang megah dengan luas sekitar 80 m2, sehingga dapat menampung banyak jamaah umroh.

  1. Masjid Ja’ronah

Terletak di perkampungan Ji’Ranah di Wadi Saraf, sekira 24 kilometer arah timur laut Masjidil Haram, jamaah umroh banyak yang melaksanakan miqat disini karena lokasinya yang dekat dengan Jabal Rahmah tempat peretemuan Nabi Adam dan Siti Hawa sehingga untuk jamaah yang ingin berdoa memohon jodoh akan senang apabila melakukan miqat disini.

Selain itu, Masjid ja’ronah terkenal dengan kebersihan dan kenyamanannya, mengawali ibadah dengan suasana hati yang nyaman akan membangkitkan semangat dalam menjalani rangkaian ibadah yang akan dilaksanakan.

 

Baca Juga : Umroh Sekaligus Menikmati Pesona Keindahan Turki 

 

  1. Masjid Yamlamlam

Masjid Yamlamlam ditetapkan oleh Rasulullah sebagai salah satu tempat miqat, digunakan untuk miqot penduduk Yaman juga bagi jamaah haji serta umroh dari tenggara Mekah. Jamaah yang datang dari China, Jepang, India, Pakistan, dan mereka yang datang dengan kapal, maka Masjid Yalamlam lah yang menjadi miqat-nya. Jarakanya sekitar 130 KM dari Masjidil Haram.

Dari beberapa pemaparan diatas inti dari pelaksanaan miqat adalah untuk memantapkan hati dan meluruskan niat melaksanakan ibadah umroh yang tujuan semata-matanya hanya kepada Allah SWT.

Untuk menjamin ibadah umroh menjadi aman dan nyaman, Rehlata menyediakan berbagai paket yang bisa dipilih oleh jamaah sekalian, jadilah tamu Allah bersama kami.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *