ok
Studi Mesir

Seleksi Beasiswa Kuliah di Universitas Al-Azhar, Mesir Oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Siapa mendambakan beasiswa kuliah di Universitas Al-Azhar ? Kabar baik bagi yang menunggu-nunggu beasiswa kuliah di Universitas Al-Azhar, Mesir. Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuka pendaftaran Beasiswa Program Sarjana Strata 1 (S1) di Universitas Al-Azhar, Mesir Tahun 2020. Program ini disediakan melihat banyaknya pondok pesantren moderat yang berada di wilayah jawa Timur.

Provinsi Jawa Timur menjadi Provinsi satu-satunya di Indonesia yang menyediakan program beasiswa ke Universitas Al-Azhar, Mesir

Sebagaimana dikutip dari laman resmi kominfo.jatimprov.go.id, Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indah P mengatakan bahwa : “Jawa Timur adalah gudang pondok pesantren, maka program beasiswa ke Al Azhar, Mesir ini upaya untuk mencetak ulama-ulama pagar islam moderat” saat menerima Tim Seleksi Program Beasiswa yang diketuai Prof Abdul Kadir Riyadi di rumah dinas Gubernur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (14/01).

Gubernur Jawa Timur juga berpesan untuk memberikan pembekalan tentang nilai nilai kebangsaan sebelum calon mahasiwa nanti berangkat ke Mesir, agar sepulang dari pendidikan nanti dapat menyebarluaskan islam yang damai, dan moderat.

Waktu pelaksanaan seleksi beasiswa telah dimulai, namun tenang saja proses seleksi masih terus berlangsung melalui sosialisasi di pondok pesantren diwilayah jawa timur, proses seleksi ditutup dan berakhir tanggal 10 februari 2020.

Kuota program beasiswa di Univeristas Al-Azhar, Mesir yang  disediakan oleh Provinsi Jawa Timur yaitu 50 mahasiswa, dengan kualifikasi yaitu lulusan Aliyah atau SMA dari pondok pesantren, hafal 2 juz Al Qur’an yang diantaranya adalah juz 30, kemampuan bahasa Arab level 7 dan dapat membaca kitab kuning ukuranya Kitab Qifayatul Ahyar.

Proses seleksi tahapan beasiswa Al-Azhar, Mesir berupa tes tulis bahasa Inggris dan Arab, wawancara yang dipimpin oleh Prof. Mas’ud Ali selaku tim ahli. Melihat banyak lahirnya paham-paham liberal dan konservatif di wilayah Jawa Timur, diharapkan setelah lulus nanti dari Mesir, dapat menjadi ulama-ulama besar yang menyebarluaskan paham Islam moderat. (sumber informasi: kominfo.jatimprov.go.id dan https://lppdjatim.id)

Untuk informasi dan pengumuman resmi bisa klik disini.

 

Related Posts