Uncategorized

Jangan Panik! Lakukan Ini Ketika Kehilangan Paspor Diluar Negeri

Perjalanan keluar negeri harusnya menyenangkan dan mengasyikkan bukan? Tapi permasalahan dan kendala pastinya tidak dapat dipungkiri dapat datang tanpa direncanakan, kali ini kita akan membahas tentang apa yang harus dilakukan ketika paspor hilang saat melaksanakan perjalanan diluar negeri, jangan panik mari ikuti langkah-langkah berikut ini,

  1. Melapor ke kantor polisi terdekat

Pertama yang harus dilakukan adalah melapor ke kantor polisi terdekat untuk membuat surat tanda kehilangan paspor, biasanya pihak kepolisian akan menanyakan kronologis bagaimana paspor bisa hilang, sehingga bila memungkinkan akan dibantu untuk pencariannya.

Selain itu, kita akan diberikan formulir data diri untuk membuat surat tersebut, isilah data dengan benar sehingga nantinya tidak menjadi masalah karena kendala perbedaan data.

  1. Datang ke Kantor KBRI setempat

Hubungi dan datangi kantor KBRI setempat , disana Anda bisa mengajukan permohonan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP). SPLP ini akan berfungsi sebagai paspor sementara dan bisa digunakan sebagai paspor pengganti selama di perjalanan tersebut.

Untuk mengajukan permohonan SPLP ini, Anda akan membutuhkan beberapa syarat berikut ini:

  • Kartu identitas diri (bisa berupa: KTP, buku nikah, Kartu Keluarga, ataupun akta kelahiran).
  • Fotokopi paspor sebelumnya.
  • Surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian setempat.
  • Pas foto dengan latar belakang terang, ukuran paspor.
  • Formulir SPLP yang telah terisi dengan benar dan lengkap, serta sudah dibubuhi tandatangan.
  1. Menyiapkan Uang Untuk Biaya Pembuatan SPLP

Biaya pembuatan SPLP pada umumnya sekitar USD 5, namun biaya tersebut bisa saja berbeda-beda tiap Negara sesuai dengan kebijakan yang diterapkan KBRI yang dikunjungi.

  1. Bawa SPLP selama perjalanan

Bawalah SPLP sebagai identitas pengganti paspor untuk mengamankan perjalanan selama masih bepergian di Negara lain, sehingga apabila terjadi pemeriksaan, tidak dianggap sebagai orang asing yang tak beridentitas.

  1. Segera Urus Paspor Sesampainya di Indonesia

Menanggulangi sewaktu-waktu ada urusan penting yang mengharuskan untuk kembali ke luar negeri, segeralah urus paspor sesampainya di kantor imigrasi setempat di Indonesia.

  1. Menyiapkan Pas Photo

Selalu siapkan pas foto didompet, ini dibutuhkan apabila nantinya ingin membuat SPLP lagi ketika melanjutkan perjalanan keluar negeri.

Itu dia beberapa tahapan apabila kehilangan Paspor ketika bepergian diluar negeri, mudah-mudahan bermanfaat!

 

Oleh : Rifka Hartono (Tim Media Rehlata)

Related Posts