Studi Mesir

SIAP-SIAP! KEMENTRIAN AGAMA MEMBUKA PELUANG BEASISWA DAN NON BEASISWA UNTUK KULIAH DI UNIVERSITAS AL-AZHAR MESIR, DAN TIMUR TENGAH.

Kabar gembira bagi sahabat Rehlata lulusan Madrasah Aliyah/ SMA dan Pondok Pesantren yang sudah tidak sabar menunggu proses seleksi kuliah di Timur Tengah. Pada Rabu (22/1/2020) kementrian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat  Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Pusat Bahasa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Organisasi International Alumni Al-Azhar (OIAA) mengadaan Rapat Koordinasi Seleksi Calon Mahasiswa S1 Timur Tengah tahun 2020.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenag RI, dari hasil rapat, direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim memastikan bahwa akan kembali membuka seleksi mahasiwa ke Universitas Al-Azhar Mesir, Maroko dan Sudan melalui jalur beasiswa dan non beasiswa yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan april.

Lebih lanjut, Arskal menjalaskan, didalam seleksi nanti ada 160 kuota beasiswa S1 untuk Universitas Al-Azhar Mesir yang terbagi dalam empat jalur, yaitu: Kemenag (20 orang), Kedutaan Mesir (30), PBNU (30), dan Pondok Pesantren Gontor (80). Kemudian untuk kuota beasiswa dari Sudan dan Maroko, diperkirakan seperti tahun lalu, masing-masing 20 orang. selain itu juga akan ada ratusan kuota non beasiswa, khusus bagi calon mahasiwa baru Al-Azhar Mesir, yaitu yang berangkat ke Mesir melalui jalur mandiri.

Proses tahapan seleksi tetap dilaksanakan dengan cara tes tulis melalui sistem komputerisasi dan wawancara seperti tahun lalu.  Adapun materi yang akan diujikan dalam seleksi meliputi kemampuan akademik, hafalan/bacaan Alquran, pemahaman bahasa arab serta wawasan kebangsaan.

“Nantinya, selain tes tulis berbasis komputer dilakukan juga proses wawancara. Melalui wawancara diharapkan dapat menggali dan memastikan calon mahasiswa baru ke Timur Tengah ini terbebas dari ekstrimisme yang menentang ideologi negara. Sebab komitmen kebangsaan harus menjadi bagian terpenting dalam proses seleksi ini sehingga para mahasiswa yang kembali ke Indonesia tetapi menjadi penjara ajaran Islam yang moderat.”

Bagi calon mahasiswa Al-Azhar, Mesir dan Timur Tengah yang berniat untuk ikut mendaftar seleksi beasiswa dan non beasiswa ke Timur Tengah melalui Kemenag dan tidak mau ketinggalan update informasi mengenai proses, tahapan, pemberkasan, bisa masuk ke Group Whatsapp yang dikelola oleh Rehlata dengan meng-klik tautan dibawah ini :
 GROUP CALON MABA AL-AZHAR MESIR

Follow juga instagram  : kuliahditimteng_rehlata

 

Baca Juga : Tahapan Kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir

 

 

Related Posts