Mahasasiswa Universitas Al-Azhar
Maba Al-Azhar 2019, Studi Mesir

Nasehat Atdikbud KBRI Kairo Untuk Mahasiswa Baru Universitas Al-Azhar, Mesir

Adik-adik mahasiswa baru yang saya banggakan.

Selamat datang di Cairo dan di Universitas Al-Azhar. Adik-adik adalah orang-orang terpilih yang telah lulus seleksi untuk dapat melanjutkan studi di Al-Azhar. Untuk sampai ke negeri ini tentu tidak mudah, selain karena perjuangan adik-adik juga tentu karena pengorbanan orang tua/keluarga.

Adik-adik adalah harapan diri adik-adik sendiri, harapan orangtua/keluarga dan harapan umat. Untuk itu, mulai sekarang, kencangkan niat, buat rencana studi dan hidup tahun-tahun ke depan yang benar dan siap berkomitmen terhadap cita-cita.

Yang paling utama yang dicari di Al-Azhar dan di negeri ini antara lain adalah:

  1. Ilmu pengetahuan akademik; hal ini mengharuskan untuk bersungguh-sungguh dalam belajar di bangku perkuliahan dan lulus yang dibuktikan dengan shahadah/ ijazah kelulusan.
  2. Akhlak dan karakter yang mulia; melihat, mempelajari contoh-contoh yang baik, tauladan dan keshalihan, terutama dari para alim ulama dan masyayikh Al-Azhar, para guru dan dosen yg berakhlak mulia, dan dari sumber-sumber warisan para ulama Islam dan berusaha mempraktikkannya.
  3. Keterampilan dan ilmu pengetahuan penunjang; mengembangkan potensi diri dalam keterampilan dan ilmu pengetahuan penunjang seperti; seni budaya, bahasa asing (selain Bahasa Arab), tulis-menulis, pidato, berdiskusi, organisasi, pendalaman turas (warisan keilmuan klasik) dan kreatifitas lainnya.
  4. Untuk dapat melaksanakan tugas mulia tersebut dan sebagai mahasiswa di negeri orang, Adik-adik harus melaksanakan tiga komitmen berikut:
    1. Mentaati peraturan dan perundangan negara Mesir, peraturan negara Indonesia yang diwakili oleh KBRI, dan peraturan yang ada di lingkungan Al-Azhar.
    2. Selalu mengutamakan kewajiban- kewajiban asasi sebagai mahasiswa.
    3. Menjaga nama baik diri sendiri, bangsa dan negara Indonesia.

Mulai sekarang adik-adik memiliki kewajiban-kewajiban asasi sebagai mahasiswa, diantara kewajiban-kewajiban asasi dalam akademik adalah:

  1.  Menggunakan waktu dengan bijaksana, dengan perioritas untuk menyelesaikan studi di Al-Azhar. Semua aktifitas diharapkan lebih difokuskan untuk menunjang kesuksesan akademik, menyelesaikan kesulitan dalam belajar, dan juga mencari ilmu penunjang keunggulan bidang studi yg diambil di fakultas. Aktifitas-aktifitas lainnya yg non-akademik harus dilakukan dg sebijaksana mungkin sehingga tidak mengganggu aktifitas akademik.
  2. Rajin menghadiri Kuliah, mendengarkan muhadarah, mendekati para guru dan dosen di fakultas (sohbatu ustadz). Al-Azhar sudah mewajibkan kehadiran mahasiswa di kuliah minimal 70%, mereka yg absen/ tidak masuk kuliah lebih 30% akan dilarang untuk mengikuti ujian.
  3. Belajar dan menuntut ilmu hanya dari dosen dan ulama, dan dari sumber-sumber ilmu yg diridai oleh dan yg sejalan dengan pemikiran Al-Azhar. Kegiatan Talaqi atau mengikuti pengajian kitab di luar fakultas, sebagai aktifitas akademik penunjang, harus dari seorang syaikh atau guru yg sejalan dengan ideologi Al-Azhar, dan di tempat yg disediakan oleh Al-Azhar, terutama di Masjid (jami)/ Ruwaq lingkungan Al-Azhar.
  4. Melakukan Laporan Pendidikan ke kantor loket Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI, Kantor Nesr City. Setiap tahun ajaran semua mahasiswa wajib melakukan laporan perkembangan studinya. Hal ini untuk memudahkan pendataan, dan memudahkan kantor Atdikbud dalam memberikan layanan administrasi akademik; menerbitkan surat keterangan studi, surat izin, surat rekomendasi beasiswa dll.

Saya berharap adik-adik semua sukses dalam menuntut ilmu di negeri para Nabi ini, dapat lulus tepat waktu dengan nilai yg terbaik, dapat kembali ke tanah air membawa misi Al-Azhar, pemahaman agama yang moderat, rahmatan kilalamin, dan juga mampu bersaing dengan lulusan-lulusan dari perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri lainnya, serta dapat berperan maksimal dalam membangun masyarakat, bangsa dan Negara Indonesia. Insya Allah.

Selamat datang dan selamat berjuang. Semoga sukses.

Cairo, 1 Februari 2020
Dr. Usman Syihab, M.A
Atdikbud KBRI Kairo

 

Baca Juga : Tahapan Kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir Bersama REHLATA

 

 

Related Posts