Tour

Pilihan Wisata Di Kota Luxor, Kota Para Raja Di Mesir

Membicarakan Mesir tentu saja bukan hanya soal Kairo dan Piramid, banyak sekali peninggalan bangunan  bersejarah zaman kuno yang bisa dijelajahi, kali ini rehlata akan membahas tentang Luxor, kota para raja di Mesir.

Jasa Pengurusan Visa Mesir Rehlata

Luxor (bahasa Arab: الأقصر) adalah sebuah kota modern yang terletak di kedua tepi timur dan barat Sungai Nil di Mesir bagian utara. Dibangun di bekas lokasi Thebes, ibu kota Mesir kuno yang terkenal (2052 SM). Raja-raja Firaun memerintah di sini, menciptakan peradaban yang belum pernah dilihat dunia sebelumnya.

Penamaan Luxor juga di inisiasi dari banyaknya bangunan yang menjulang tinggi didalam kotanya, sehingga seperti kota dengan Istana yang megah.

Langsung aja yuk, simak tempat-tempat wisata di Loxor yang wajib kalian kunjungi,

  1. Ma’bad al-Aqshar

Ma’bad Al Aqshar merupakan istana yang terletak di kota Luxor. Terdapat dua patung ramses (patung penjaga) berukuran raksasa dengan posisi duduk didepan gerbang masuknya, ada pula bangunan obelisk (tugu lancip) disana, dahulu terdapat 2 bangunan obelisk kembar, namun saat ini hanya tinggal 1. Obelisk lainnya berada di Paris, dibawa oleh tentara Prancis ketika dahulu menginvasi negara Mesir.

Bangunan ini berusia sangat tua sekali, dibangun sekitar 1400 SM, oleh Raja Amonhotep III namun proses pengerjaannya tidak selesai karena raja nya meninggal sebelum selesai prose pembangunannya.

  1. Kuil Karnak

Kuil Karnak (Karnak Temple) dahulu merupakan tempat pemujaan para dewa zaman mesir kuno. Lokasinya paling luas diantara tempat-tempat lain di kota Luxor dan Mesir, yang juga digunakan sebagai tempat pemujaan, kuil karnak memiliki luas +- 31 hektar.

Pintu gerbang Karnak yang tinggi dan megah akan tampak dari kejauhan. Di dalamnya terdapat 134 pilar yang menjulang ke angkasa. Salah satu kuil yang mendominasi kompleks kuil Karnak ini adalah kuil Amun-Ra yang merupakan salah satu kompleks kuil keagamaan terbesar di dunia.

  1. Luxor Museum

Pecinta sejarah belum lengkap rasanya apabila belum datang ke lokasi ini, yaitu Luxor Museum.

Terdapat banyak barang-barang berharga dan bernilai tinggi didalamnya, diantaranya yaitu, barang-barang dari makam dinasti Firaun Tutankhamun dan juga koleksi 26 patung  yang ditemukan di dalam cawan patung Luxor yang ada di kuil luxor. Selain barang-barang tadi terdapat pula patung ganda kalsit dewa bauya sobek dan firaun dinasti ke 18 dari Amenhotep III.

Sahabat sekalian juga dapat berbelanja di toko cinderamata yang berada tepat di sebelah museum luxor, menjual berbagai macam pernak pernik khas dari negara Mesir.

  1. Lembah Para Raja

Tempat wisata di kota Luxor selanjutnya yaitu lembah para raja. Terletak di tepi barat sunai Nil, tempat ini merupakan tempat dimakamkannya 62 raja-raja fir’aun dan keluarganya pada masa silam.

Sejak dahulu lokasi ini menjadi pusat bagi para arkeolog untuk melakukan penelitian, yang paling terkenal adalah ketika makam Tutankhamon ditemukan pada tahun 1922 oleh seorang arkelog, pasalnya jenazahnya diselimuti 120 kg emas, masih utuh hingga sekarang dan masih berada pada tempat semula.

  1. Kuil Hatshepsut

Dibangun oleh seorang wanita yang memerintah Mesir sekitar abad 15 SM, lokasi Hatshepsut terletak dibalik lembah para raja. Hatshepsut dahulu dianalogikan wanita yang berbusana pria. Ia selalu mencitrakan dirinya sebagai laki-laki agar diterima menjadi pemimpin Mesir. Bangunannya masih berdiri utuh hingga kini.

Daftar Paket Umroh Plus Mesir Rehlata (1 April 2020)

 

 

Related Posts