Studi Mesir

Jalur Masuk Universitas Al-Azhar Mesir Serta Matrikulasi Bahasa Arab; Antara Pusiba dan Dauroh Lughah di Mesir

Untuk masuk ke Universitas Al-Azhar Mesir ada beberapa jalur seleksi, diantaranya: [1] Kementrian Agama RI (beasiswa & non beasiswa), [2] Kedutaan Mesir di Jakarta (beasiswa), [3] PBSB Ditpontren (Beasiswa), [4] Gontor (beasiswa & non beasiswa), [5] PBNU (beasiswa), dan yang terakhir [6] PUSIBA

Bagi sebagian calon mahasiswa yang berkeinginan kuat untuk malanjutkan studinya di Universitas Al-Azhar Mesir, tentu bertanya; apa sih pusiba ini?, bagaimana sistem belajarnya?, berapa biayanya?, apa bedanya dengan jalur masuk Al-Azhar yang lain?, dan lain sebagainya.

Pada artikel kali ini, REHLATA akan membahas pintu masuk universitas Al-Azhar Mesir melalui jalur Pusiba dan matrukulasi bahasa Dauroh Lughah di Mesir

Apa itu Pusiba?

PUSIBA adalah singkatan dari Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab. Sebuah lembaga pendidikan dibawah naungan Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Indonesia, sebagai cabang resmi lembaga pendidikan bahasa arab Markaz Syeikh Zayd li Ta`limil lughoh alArabiyah li Ghayr al-Nâthiqîn bihâ Al-Azhar yang berpusat di Mesir.

Tujuan Pusiba

Sebagaimana diketahui, bagi seluruh calon mahasiswa baru yang sudah dinyatakan lulus seleksi Al-Azhar – melalui jalur apapun (seperti yang sudah kami sebutkan paragraf pertama), ketika tiba di Mesir, diwajibkan untuk mengikuti dan menyelesaikan matrikulasi bahasa arab (sesuai level yang di dapat dari hasil ujian penentuan level / tahdîd mustawa (placement test) terlebih dahulu di Markaz Dauroh Lughoh Al-Azhar di Mesir, sebelum kemudian dapat mengikuti perkuliahan.

Dengan adanya Pusiba, para calon mahasiwa dapat mengikuti dan menyelesaikan matrikulasi bahasab arab tersebut di tanah air, bahkan tanpa harus lulus seleksi kemenag terlebih dahulu.

Dan setelah mengikuti program Pusiba ini, para calon mahasiswa Al-Azhar bisa langsung berangkat ke Mesir dan langsung mengikuti perkuliahan di Al-Azhar ditahun ajaran ini juga.

Penting Baca Juga:

 

Kurikulum
  1. Kurikulum, metode pengajaran, buku ajar dan tenaga pengajar mengikuti standar yang ditetapkan oleh Markaz Dauroh Lughoh Al-Azhar di Mesir, serta diajarkan langsung oleh para pengajar asal Mesir dan yang mendapat sertifikat pengajaran bahasa Arab dari Pusat Bahasa Arab di Mesir.
  2. Seperti halnya di Markaz Dauroh Lughoh Al-Azhar di Mesir, Kelas bahasa terdiri dari tujuh level; 1) mubtadi awwal,2) mubtadi tsânî, 3) mutawassith awwal, 4) mutawassith tsâni, 5) mutaqaddim awwal, 6) mutaqaddim tsânî, dan 7)  Setiap level diselesaikan dalam satu bulan.
  3. Penentuan kelas berdasarkan hasil ujian tahdîd mustawa(placement test)

Misalnya dari hasil ujian tahdîd mustawa  calon mahasiswa mendapatkan level mutawassith awwal, maka yang bersangkutan harus menyelesaikan 5 level, yatu:  3) mutawassith awwal 4) mutawassith tsâni, 5) mutaqaddim awwal, 6) mutaqaddim tsânî, dan 7) mutamayyiz

Biaya Per Level di Pusiba

Biaya mengikuti program Pusiba perlevel adalah sebesar Rp. 4.900.000 dengan rincian: Rp. 2.900.000 sebagai biaya pendidikan dan Rp 2.000.000 sebagai biaya asrama dan makan tiga kali sehari.

Biaya tersebut diatas, diluar biaya pemberkasan dan keberangkatan menuju Kairo Mesir, yang akan diminta setelah calon mahasiswa menyelesaikan program Pusiba tersebut dan sudah dijadwalkan berangkat ke Mesir.

Biaya Dauroh Lughah di Mesir

Bagi calon mahasiswa baru Al-Azhar yang lulus seleksi (selain yang mengikuti program Pusiba), setibanya di Mesir, diwajibkan mengikuti matrikulasi bahasa arab terlebih dahulu sebelum kemudian dapat mengikuti perkuliahan.

Biaya mengikuti matrikulasi bahasa arab di Markaz Dauroh Lughoh Al-Azhar di Mesir, perlevel adalah sebesar  720 Pound Mesir, atau setara sekitar Rp 650.000 (biaya ini dikenakan bagi yang non beasiswa), dan tanpa biaya, alias gratis bagi yang mendapat beasiswa.      [Rehlata]

 

Baca Juga:

 

Informasi Update

Untuk update informasi pendaftaran dan bimbingan menuju Univ Al-Azhar Mesir dan Timur tengah, silahkan follow instagram kami:

@kuliahditimteng_rehlata

 

 

Related Posts