Berita, Maba Al-Azhar 2019, Studi Mesir, virus corona

Al-Azhar Tunda Ujian Semester Awal Tahun 2021, Sebab Kasus Covid-19 Meningkat

Wakil Al-Azhar Prof. Dr. Muhammad Ad-Dhawini mengumumkan penundaan ujian tengah tahun (semester pertama) di semua tingkatan pada tahun ajaran 2020/2021.

Penundaan ujian ini berlaku untuk ujian kenaikan kelas dan ujian akhir di tingkat Ma’had Al-Azhar (sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas). Keputusan ini berlangsung hingga akhir liburan semester pertama.

Waktu yang ada, menurut Dr. Muhammad Ad-Dhuwaini, digunakan untuk mengevaluasi materi pelajaran, dimulai dari hari Sabtu depan (2/1), hingga akhir semester pertama. Evaluasi pelajaran ini akan dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (daring), bersamaan dengan pemenuhan atas target-target pokok dan pencapaian standar minimum penyelesaian kurikulum.

Dr. Ad-Dhawini menunjukkan bahwa keputusan penundaan ujian ini sejalan dengan arahan dari Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi untuk melindungi kondisi kesehatan seluruh pengajar dan semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan terutama peserta didik serta mematuhi protokol kesehatan di tengah meningkatnya jumlah warga Mesir terpapar virus Covid-19.

Sementara itu, Rektor Universitas Al-Azhar Prof. Dr. Muhammad Al-Mahrashawi juga memutuskan untuk
menangguhkan kehadiran mahasiswa di kuliah dan menggantinya dengan sistem pendidikan jarak jauh (daring). Penangguhan kehadiran ini terhitung mulai dari 2 Januari hingga akhir semester pertama, mengingat libur tengah tahun dimulai dari 6 Februari dan berakhir 18 Februari 2021.

Rektor Al-Azhar memberikan wewenang kepada dekan setiap fakultas di Kairo dan daerah untuk membuat aturan yang sesuai untuk mengurangi staf termasuk pengurangan kerja sampai keluar keputusan baru berikutnya.

Langkah ini diambil dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 dan untuk menjaga kesehatan pegawai, dosen dan asisten.

Sebelumnya Kabinet Mesir mengumumkan telah menyetujui usulan dari Kementerian Pendidikan Tinggi dan Riset dan Kementerian Pendidikan untuk menyelesaikan pengajaran semester pertama secara daring, terhiung dari Sabtu depan hingga akhir masa aktif belajar semester pertama.

Kabinet juga menyetujui untuk menunda segala bentuk ujian yang sedari awal dijadwalkan pada semester ini hingga usai liburan semester pertama. Keputusan penundaan ini berlaku untuk segala jenjang pendidikan dari dasar hingga perguruan tinggi.

Sampai Rabu (30/12), jumlah masyarakat yang terkena virus Covid-19 sebanyak 136.644 orang di mana 111.451 dinyatakan sembuh dan 7576 meninggal dunia. Mesir mengalami lonjakan kasus dengan mencatat 1411 orang positif dalam sehari pada Rabu kemarin.

Sumber : Laman Resmi Al-Azhar & Portal Sanad Media

Edaran Resmi dari Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia
Dapat diunduh disini Pengumuman Keberangkatan 2021

Baca Juga:
Lembaga Konsultan Pendidikan Al-Azhar Mesir Indonesia Bentuk Asosiasi FORKAPMI

Mengenal Beberapa Jalur Masuk Al-Azhar Mesir; Program Beasiswa Dan Non Beasiswa

 

Related Posts