Studi Mesir

Kemenag Buka Seleksi Masuk Universitas Al-Azhar Mesir Pada April 2021

Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) akan membuka pendaftaran beasiswa S1 ke Timur Tengah. Pembukaan pendaftaran akan dilakukan pada tanggal 12 April 2021 mendatang.

Dikutip dari surat pemberitahuan seleksi Timur Tengah 2021, Kementrian Agama RI yang ditujukan kepada bapak/ibu Rektor UIN, bahwa pendaftaran seleksi akan dibuka pada tanggal 12 April 2021 dan pelaksanaan seleksi pada tanggal 28/29 April 2021 melalui Pusat-Pusat Bahasa UIN se-Indonesia

Pada rapat pematangan persiapan seleksi mahasiswa s1 Timur Tengah pada 2 maret 2021 lalu, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Suyitno, mengingatkan bahwa ada tiga syarat penerima beasiswa S1 ke Timur Tengah, yakni memiliki kemampuan bahasa yang bagus. Kemudian, calon pendaftar juga harus memiliki kompetensi akademik yang kuat.

Terakhir, calon pendaftar harus memiliki komitmen wawasan kebangsaan terhadap NKRI dan pemahaman Islam Wasathiyah.

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Diktis M. Adib Abdushomad mengungkapkan proses seleksi beasiswa S1 ke Timur Tengah tahun ini akan dilakukan secara online. Hal ini berbeda dengan sebelumnya, akibat adanya pandemi COVID-19.

“Seleksi akan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu CBT dan wawancara. Tahun ini seleksi pada tahap wawancara dengan materi hafalan al-Qur’an, baca kitab kuning serta wawasan keislaman dan kebangsaan”, terang Adib.

Sementara itu, hasil seleksi beasiswa S1 ke Timur Tengah akan diumumkan lebih lanjut melalui surat resmi. Selamat mencoba!

PENTING, BACA JUGA:

Rehlata Mengadakan Pembinaan Sukses Seleksi Masuk Univ. Al-Azhar Mesir 2021

 

Related Posts