Tour

5 Pilihan Wisata Terbaik di Turkey Rekomendasi REHLATA

Turkey merupakan salah satu pilihan destinasi wisata di Asia yang tidak boleh dilewatkan, banyak tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi, nah REHLATA ingin membagikan 5 tempat yang wajib dikunjungi ketika di Turkey, langsung saja,

Pertama Yaitu, Museum Haghia Sophia

Bangunan lama berusia hampir 1480 tahun ini dahulu digunakan sebagai gereja atas perintah Kaisar Rowami Timur Yustinianus I sekitar tahun 532-537 M, kurang lebih 1000 tahun lamanya digunakan sebagai gereja.  seiring dengan kejatuhan bangsa romawi oleh tentara muslim ottoman pimpinan Sultan Mehmed II sekitar tahun 1453 M bangunan ini dialih fungsikan menjadi masjid.

Bangunan yang memiliki nilai sejarah serta perpaduan antara Islam, Kristen, juga Romawi kuno ini kemudian dijadikan museum sejak 1935 dan dibuka untuk publik, ketika masuk lorong pertama akan terasa kental nuansa Romawi kuno namun ketika masuk ruangan utama pengunjung akan merasa seperti didalam masid, terdapat tulisan arab dan doa-doa terlihat di dinding dan kolom bangunan. Di beberapa area juga terlihat lapisan dinding, masing-masing memiliki motif yang unik.

Kedua, Blue Mosque / Masjid Biru

Masjid besar yang memiliki 9 buah kubah, 1 kubah utama, 8 kubah penyangga, dan 6 kubah menara tinggi menjulang ini merupakan salah satu ikon Negara Turkey.

Diarsiteki oleh Sedefkar Mehmed Aga sekitar tahun 1661 M, masjid ini dibangun atas perintah Sultan Mehmed terinsiprasi oleh Guru Mimar Sinan, bangunan ini memiliki tingkat kerumitan tinggi bergaya ala ottoman klasik dan romawi.

Ketika melihat bangunan ini anda akan takjub dengan kemegahan dan arsitekturnya, namun ketika malam hari lampu-lampu yang didominasi berwarna biru akan menambah kegagahan bangunan ini.

Ketiga, Wisata Alam di Cappadocia

Tempat ketiga yang wajib dikunjungi ketiga berlibur ke Turkey adalah Cappadociaa, wilayah yang terletak di Provinsi Nevsehir ini menawarkan keindahan alam berupa situs bebatuan unik dan ruma-rumah serta bangunan yang terbuat dari batu.

Ketika berkunjung ke Cappadocia jangan lupa juga untuk mencoba sensasi naik balon udara, pengalaman yang tentu saja menarik, karena dapat melihat pemandangan indah situs situs bebatuan dan kota dari atas ketinggian.

Kempat, Topkapi Palace

Topkapi Palace merupakan saksi kejayaan Turkey masa silam yang dahulu pernah menjadi pusat kekaisaran dan kekhalifahan Islam, bahkan 2/3 dunia ada di bawah naungannya pada zaman keemasan dahulu.

Bangunan yang didirikan pada tahun 1459 M ini pernah menjadi  tempat tinggal Sultan Ottoman sekitar 400 tahun, menjadi pusat pemerintahan dan tempat tinggal para pejabat dahulu.

Karena dahulu merupakan bangunan istana sehingga memiliki kelengkapan fasilitas mulai dari masjid, perpustakaan, sekolah, asrama, rumah sakit, juga tangki air raksasa ini, saat ini Topkapi Palace dijadikan museum untuk dapat dinikmati keindahan dan napak tilas kejayaan dimasa silam.

Kelima, Istikal Street

Kemungkinan orang Indonesia tidak asing dengan yang namanya Istiklal, nama sebuah masjid Besar di Jakarta, namun di Turkey, Istiklal Caddesi merupakan nama kawasan belanja terkenal di Istanbul, Turkey.

Sebagai wisatawan kita bisa mendapatkan apa saja yang kita inginkan di Istiklal Caddesi, di sepanjang jalan yang membentang sepanjang 1.4 Kilometer ini, kita bisa menemukan mulai dari makanan, pakaian, café, bioskop, galeri seni, dan lain sebagainya.

Jalan ini berakhir di Taksi Square, jantung kota Istanbul, kawasan yang sangat ramai, jikalau disamakan dengan sebuah wilayah di Indonesia, bisa di perkirakan seperti Malioboro, di Yogyakarta.

Related Posts