Studi Mesir

Seleksi Masuk Universitas Al-Azhar Mesir Tahun 2020 Ditengah Wabah Corona??

Seleksi masuk universitas Al-Azhar Mesir biasanya dilaksanakan oleh Kementrian Agama RI selepas Ujian Nasional Madrasah Aliyah/ SMA sederajat antara bulan april, mei atau juni setiap tahunnya dan diikuti oleh ribuan peserta.

Namun pada saat ini, dunia tengah bergelut melawan virus corona. Virus yang kemudian dinamakan covid-19 ini telah menjangkiti ratusan ribu orang. Dalam waktu dua bulan, virus menyebar dengan cepat ke berbagai penjuru dunia. setidaknya 152 negara yang ikut terjangkit, diantaranya Korea Selatan, Italia, Iran, Arab Saudi, hingga termasuk Mesir dan Indonesia.

Sama dengan negara lain, di Indonesia, virus Corona terus menyebar dengan cepat. Ada beberapa laporan kesembuhan, tapi tak sedikit juga korban yang meninggal dunia. Bahkan pemerintah telah menetapkan kondisi ini sebagai tanggap darurat nasional hingga 29 mei 2020.

Untuk menanggulangi wabah pandemik ini, pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai macam cara, mulai dari sosialisai hidup sehat, mempersiapkan berbagai alat, prasarana dan melakukan pemeriksaan kesehatan, membatasi penerbangan dan perkumpulan masa, menutup berbagai fasilitas umum, hingga meliburkan aktifitas perkantoran, sekolah dan tempat ibadah.

Lalu akankah seleksi masuk universitas Al-Azhar Mesir tetap dilaksanakan ditengah wabah virus corona covid-19 ini?

Sebelumnya, di grup-grup whatsapp calon peserta seleksi sempat tersebar photo edaran yang menjelaskan bahwa seleksi masuk universitas Al-Azhar Mesir untuk tahun 2020 akan dilaksanakan pada 11-12 April 2020. Yang kemudian terkonfirmasi bahwa info tersebut masih draf dan tidak sah.

Bahkan lebihlanjut, menurut informasi yang kami dapat, dengan semakin maraknya virus corona ini, hingga saat ini kementrian agama masih belum menetapkan tanggal pelaksanaan seleksi hingga kondisi kembali memungkinkan.

Nah, Ditengah kewaspadaan terhadap virus corona yang terus mewabah ini, sambil menanti informasi resmi dari kementrian agama terkait pelaksanaan seleksi, serta informasi pelaksanaan dauroh dari Rehlata. Sebagai langkah antisifatif, dan mengikuti sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah dan otoritas kesehatan agar sementara waktu kita semua melakukan social distancing (bekerja, belajar, dan beribadah di rumah) agar terhindar dari virus ini, ada baiknya para calon peserta seleksi masuk universitas Al-Azhar mempersiapkan sendiri beberapa hal berikut dirumah atau ditempat tinggal masing-masing:

  1. Menjaga kesehatan, dan waspadai virus corona dengan mengikuti rangkaian arahan dari pemerintah.
  2. Terus memantau informasi pelaksanaan seleksi masuk Universitas Al-Azhar Mesir di website: www.rehlata.co.id – instagram: kuliahditimteng_rehlata dan website resmi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam : http//diktis.kemenag.go.id
  3. Menghafal / menambah hafalan al-Qur’an minimal 2 juz (juz 1 & 2). Lebih banyak hafal lebih baik
  4. Perbanyak latihan mengerjakan soal-soal seleksi yang pernah diujikan pada tahun-tahun sebelumnya
  5. Perbanyak membaca dan mempelajari materi pelajaran yang potensial akan diujikan (fiqih, sejarah, hadist, dll)

Semoga wabah virus corona ini segera berlalu, agar kita semua dapat beraktifitas, belajar dan beribadah seperti sedia kala. amiin

 

Agar tidak tertinggal informasi update terkait pelaksanaan seleksi masuk Universitas Al-Azhar Mesir serta informasi terkait lainya, silahkan bergabung di grup whatsapp calon mahasiswa al-azhar 2020 yang kami sediakan. Dengan format,
Ketik: nama lengkap / asal sekolah/ asal daerah
Kirim WA ke nomor: 082185663949 atau 081317470374 atau 085733620222

 

Follow Instagram kami:
kuliahditimteng_rehlata
rehlata_tour

 

Penting, Baca Juga:

– Tahapan Cara Untuk Bisa Kuliah Di Universitas Al-Azhar Mesir

– Tahapan Sukses Seleksi Masuk Universitas Al-Azhar Mesir

– Pemberangkatan Mahasiswa Baru Universitas Al-Azhar Melalui Rehlata

 

 

 

Related Posts