Uncategorized

Kairo, Kota Wisata Di Mesir

Kairo merupakan ibukota negara Mesir, kota metropolitan di timur tengah ini tidak hanya menyuguhkan kawasan-kawasan perkotaan yang memukau, dibalik semua itu ternyata Kairo dikenal sebagai kota wisata, terdapat banyak lokasi-lokasi wisata yang bisa ditelusuri, baik itu situs sejarah berupa bangunan, patung-patung, mumi, kawasan perkampungan yang iconik, serta terdapat sungai terpanjang di dunia yang membelah 9 negara di afrika, berada pula di kota Kairo.

Sebagai salah satu saksi sejarah kejayaan Islam meruntuhkan dominasi romawi kuno tentu saja yang tidak boleh terlewatkan adalah situs-situs sejarah Islam berupa masjid, benteng-benteng, serta kampus ternama yang banyak melahirkan ilmuan besar Indonesia dan mancanegara yang sebentar lagi akan kita bahas.

Berikut ini, beberapa kawasan wisata yang ada di mesir,

  1. Piramida Giza

Lokasi yang pertama ini adalah destinasi wajib wisatawan Indonesia dan mancanegara yang datang ke kota Kairo, yaitu Piramida.

Piramida Giza merupakan kawasan bangunan bersejarah yang masuk kedalam 7 keajaiban dunia,. Dalam kompleks Piramida Giza terdapat 3 piramida besar, 3 piramida kecil dan patung spinx.

Dahulu pada masanya piramida dibangun untuk menaruh makam-makam para raja dan harta hartanya pun dikubur disana, yang dalam kepercayaan mereka sebagai bekal menuju alam baka.

  1. Sungai Nil

Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia, dengan panjang kurang lebih 6695 km. lebih panjang dari sungai amazon di benua amerika yang panjangnya mencapai 6436 km.

Saking panjangnya sungai nil, alirannya melewati 9 negara di seluruh Afrika, yaitu Mesir, Zaire, Rwanda, Uganda, Sudan, Kenya, Burundi, Tanzania dan Ethiopia. Sahabat rehlata yang ingin menelusuri sungai bisa menggunakan kapal kecil ataupun kapal besar seperti Nile Cruise dan bermalam di disana.

  1. Benteng Salahudin Al-Ayubi

Benteng megah yang dibangun oleh panglima Salahuddin Al-Ayyubi pada tahun 1176-1183 M untuk membentengi kota Kairo dari serangan musuh, terutama bala tentara  perang salib.

Benteng yang terletak diatas bukit itu dilengkapi menara-menara kokoh yang menjulang dalam jarak setiap seratus meter, kita dapat melihat hamparan luas kota kairo, sejauh mata memandang. Bangunannya yang megah, tinggi dan besar, hingga kini masih berdiri kokoh dan berlokasi tak jauh dari pusat Kota Kairo modern.

  1. Nasional Museum Of Egypt

Terletak di pusat kota Mesir, Museum Nasional Of Egypt berisi banyak sekali peninggalan masa kuno, koleksinya berjumlah 120.000 item. Didirikan tahun 1835 museum ini sempat berpindah-pindah hingga akhirnya tahun 1902 berpindah ke tempat yang sekarang yaitu di Tahrir Square.

Nasional Museum Of Egypt menyimpan harta karun peninggalan Mesir masa silam diantaranya yang paling menakjubkan yaitu, Royal Mummy Room, terdapat 11 mumi raja-raja yang dipajang dari masa kerajaan Pharaoh (Fir’aun). Konon ada pula mumi Raja Fir’un yang berperang melawan Nabi Musa didalam sini.

Barang lain yang di simpan didalamnya yaitu papyrus berusia 2 ribu tahun, koin koin peninggalan masa romawi kuno yang terbuat dari berbagai macam bahan, seperti perak, emas, perunggu dan lainnya.

  1. Paranoic Village (Kampung Fir’aun)

Paranoic Village atau dikenal juga Kampung Fir’aun berada di Kairo, kurang lebih berjarak 5 KM dari pusat kota, kampung unik yang berada di tengah sungai Nil ini di desain untuk merasakan kehidupan awal raja-raja fir’aun.

Wisatawan dapat mundur dan merasakan kehidupan Mesir kuno ketika memasuki Paranoic Village. Kampung fir’aun juga mendandani orang-orang yang bekerja disana sebagaimana pakaian dan kehidupan di masa itu.

 

Sahabat Rehlata yang ingin menikmati lokasi-lokasi wisata di Mesir dapat langsung mendaftarkan diri dan mengikuti paket tour mesir, yang disediakan oleh Rehlata Tour. Kami juga menyediakan layanan Visa Mesir bagi Sahabat Rehlata yang akan berangkat ke Mesir dengan tujuan Bisnis, Tour, dan Study.

 

Baca Juga : Berangkat Ke Mesir dan Timur Tengah Tanpa Repot Urus Visa

 

 

Related Posts